Kebangkitan by Pak Luhut

Repost by Menko Polhukam Bpk Luhut Binsar Panjaitan... #latepost
Tepat tanggal 20 Mei, 108 tahun yang lalu, para pemuda intelek berjuang menggalang persatuan dan kesatuan demi Indonesia merdeka. Mereka mengenyampingkan perbedaan dan mendirikan Boedi Oetomo. Sekarang kita sudah merdeka. Tapi akhir-akhir ini saya sering bertanya pada diri sendiri, mengapa kita sekarang gampang sekali gaduh?

Contohnya mengenai penyelenggaraan pengadilan di luar negeri atas peristiwa 1965 sehingga orang asing diijinkan menghakimi Bangsa Indonesia. Hal ini memalukan, seolah-olah Negeri ini tidak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Padahal pemerintah sedang bekerja untuk menciptakan rekonsiliasi.

Maka dari itu, di momen Hari Kebangkitan Nasional ini, kita perlu mengingat kembali bahwa Indonesia sebenarnya lahir karena persatuan dan kesatuan. Untuk mempertahankannya, saya menghimbau terutama kepada para elit masyarakat untuk tidak mudah gaduh, menyebarkan isu-isu yang tidak benar.

Gus Dur mengajarkan kepada saya bahwa Tuhan telah menciptakan semua kita ini setara dan sederajat antar sesamanya, tinggal manusia ini bertugas untuk saling membangun kepercayaan dan kerja sama.

Marilah kita semua mempraktekkan ajaran tersebut dengan menjalin kerja sama yang baik antar sesama berdasarkan rasa saling percaya untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan. Dengan demikian, perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur menjadi tidak sia-sia.

Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kertas Cinta Kasih Kreativitas Sekolah Minggu

Prakarya SM (Pohon yang berbuah manis dan banyak)